أنيسة نورعزة

Kamis, 17 Juli 2014

PEDOMAN DESAIN PERENCANAAN TATA LETAK

Hal ini penting pertama untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai oleh rencana tata setelah analisis yang cermat dari peluang dan hambatan dari wilayah pengembangan dan konteksnya. Sejumlah tujuan desain perkotaan telah diidentifikasi di bawah ini yang merupakan dasar perencanaan tata letak untuk berbagai penggunaan lahan:
ISU
TUJUAN
Isi
Melindungi dan meningkatkan karakteristik yang memberikan kota gambar dikenali unik. Misalnya di daerah Metro pengaturan alam terdiri dari: (A) Backdrop gunung dan (B) Water front.
Sirkulasi Pejalan Kaki
Membuat sirkulasi pejalan kaki yang aman, nyaman, mudah dan dapat dibaca.
Sirkulasi Kendaraan
Menciptakan pengguna jaringan transportasi yang ramah.
Ruang Terbuka
Buat kerangka ruang terbuka yang koheren dan menentukan ruang kota.
Percakapan
Konservasi kabupaten yang berbeda, area karakter,
dan bangunan dari nilai sejarah, budaya, dan sosial.

Tujuan tersebut harus dipertimbangkan dalam semua proposal pembangunan untuk melihat apakah mereka berlaku untuk konteks. Secara umum, aspek untuk dipertimbangkan dalam  mempertimbangkan dan mempersiapkan rencana tata letak termasuk bentuk bangunan, tinggi bangunan, podium dan kemunduran, orientasi dan keselarasan blok bangunan, kendaraan dan  sirkulasi pejalan kaki, penyediaan parkir mobil, lansekap dan penyediaan ruang terbuka. Mereka lebih atau kurang relevan tetapi dapat diterapkan dalam cara yang berbeda dan di berbagai konteks. Oleh karena itu, pekerjaan analitis harus didahulukan karena merupakan fundamental. Tahap penting bagi desainer dan perencana kota dalam memproduksi rencana tata letak.

Contoh berikut adalah untuk tujuan ilustrasi dengan nosional rencana tata letak sketsa dan gambar 3-dimensi.


ISU
TUJUAN
Gambar
Proyek positif, gambar dikenali untuk kabupaten dan kota.
Sirkulasi Pejalan Kaki
Buat yang aman, menarik dan nyaman rute sirkulasi untuk pejalan kaki.
Sirkulasi Kendaraan
Buat sistem sirkulasi kendaraan yang efisien untuk meminimalkan dampak negatif kendaraan di pejalan kaki.
Parkir
Menyediakan memadai dan mudah diakses fasilitas parkir.
Kualitas Air
Mencapai kualitas udara dapat diterima.
Elemen Jalanan
Mempertahankan karakter elemen jalanan hidup.













ISU
TUJUAN
Skala
Mengoptimalkan ukuran pembangunan untuk memaksimalkan kesempatan yang tersedia.
Gedung Tinggi
Meminimalkan dampak negatif dari ketinggian pembangunan di daerah sekitarnya.
Sirkulasi Pejalan Kaki
Buat yang efisien, nyaman, aman dan sistem sirkulasi pejalan kaki yang nyaman seluruh lingkungan.
Sirkulasi Kendaraan
Buat sirkulasi kendaraan non-intrusif sistem dengan dampak minimal pada pejalan kaki sirkulasi. Menyediakan memadai dan mudah fasilitas parkir diakses untuk warga kendaraan.
Lokasi
Memilih lokasi yang cocok untuk kepadatan blok perumahan untuk meminimalkan negatif visual, kebisingan dan dampak kualitas udara.
Masyarakat Sekitar
Menciptakan lingkungan mandiri dan masyarakat untuk mendorong kebanggaan warga warga dan rasa memiliki.
Ruang Terbuka
Menyediakan ruang terbuka yang dapat digunakan, diakses dan berharga untuk warga.





















SOURCE : PEDOMAN URBAN DESAIN UNTUK HONG KONG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar